Kenali 9 Ciri Dan Gejala Radang Amandel

Kenali 9 Ciri Dan Gejala Radang Amandel

Selamat datang dan berkunjug di website kesehatan obatamandel.web.id. Di sini Anda bisa mencari informasi-informasi penting seputar penyakit amandel dan pengobatanya. Dan untuk kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Ciri Dan Gejala Radang Amandel.

Kenali 9 Ciri Dan Gejala Radang Amandel

Kenali 9 Ciri Dan Gejala Radang Amandel – Radang amandel atau disebut juga dengan Tonsilitis adalah pembengkakan amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejala yang khas adalah sakit tenggorokan, amandel yang membengkak, kesulitan menelan, demam, dan kelenjar bengkak di leher.

Pengobatan akan berbeda tergantung pada apakah penyebabnya adalah bakteri atau virus. Operasi pengangkatan amandel (tonsilektomi) mungkin dianjurkan dalam beberapa kasus.

Mengapa Amandel Mengalami Peradangan ?

Amandel adalah garis pertahanan sistem kekebalan tubuh pertama terhadap bakteri dan virus yang masuk ke mulut Anda. Fungsi ini dapat membuat amandel sangat rentan terhadap infeksi dan peradangan. Namun, fungsi sistem kekebalan amandel menurun setelah pubertas.

Ciri dan Gejala Radang Amandel

Sakit tenggorokan sering merupakan tanda pertama pilek dan mungkin membaik setelah satu atau dua hari; Gejala dingin lainnya seperti pilek dan kemacetan bisa mengikuti sakit tenggorokan. Gejala utama radang amandel/tonsilitis adalah sakit tenggorokan sedang sampai berat yang berlangsung lebih dari 2 hari dan melibatkan peradangan pada amandel. Inilah 9 ciri dan gejala radang amandel, diantaranya :

  1. Menelan yang sulit atau menyakitkan.
  2. Kelenjar bengkak dan lembut (kelenjar getah bening) di sisi leher.
  3. Bau mulut.
  4. Demam dan kedinginan.
  5. Kelelahan dan sakit kepala.
  6. Suara hilang atau serak.
  7. Lidah putih berserabut kasar.
  8. Amandel membesar dan memerah dengan bintik-bintik pus putih / kuning.
  9. Pernapasan mulut, napas berisik, dan / atau mendengkur (karena pembesaran amandel menghalangi saluran udara).

Dalam kasus yang jarang terjadi, radang amandel dapat menyebabkan tenggorokan membengkak sehingga menyebabkan masalah bernafas. Jika ini terjadi, segera cari pertolongan medis.

Temui dokter jika Anda mengalami gejala berikut ini:

  • Demam yang lebih tinggi dari 103˚F (39,5 ° C)
  • Kelemahan otot
  • Leher kaku
  • Dan Sakit tenggorokan yang tidak hilang setelah dua hari

Itulah pembahasan mengenai ciri dan gejala radang amandel. Sekian dulu penjelasan dari kami, dan semoga artikel ini membawa manfaat untuk kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya 🙂

Baca juga : Penyebab penyakit radang amandel

Posted by : Obat Amandel

Kenali 9 Ciri Dan Gejala Radang Amandel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*