Efek Samping Operasi Amandel Yang Perlu Anda Ketahui

Efek Samping Operasi Amandel Yang Perlu Anda Ketahui

Selamat datang di website kesehatan obatamandel.web.id. Di situs ini kami akan memberkian informasi-informasi kesehatan penting seputar permasalah amandel serta pengobatnnya. Nah, untuk pembahasan kali ini, kita ketahui tentang efek samping operasi amandel.

Sebelum kita membahas mengenai efek samping operasi amandel, lebih baiknya kita ketahui dulu mengenai apa itu amandel ?

Efek Samping Operasi Amandel Yang Perlu Anda Ketahui

Efek samping operasi Amandel -Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan akibat infeksi pada tonsil. Tonsil atau amandel yang berada pada bagian belakang tenggorokan ini merupakan kumpulan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai penyaring untuk menjebak kuman yang masuk ke saluran napas. Tonsil juga memproduksi antibodi untuk melawan infeksi. Namun, tonsil sendiri juga dapat terinfeksi.

Radang amandel dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyebab tersering adalah bakteri Streptococcus. Penyebab umum lainnya adalah adenovirus, virus influenza, virus Epstein-Barr, virus parainfluenza, enterovirus dan virus herpes simpleks.

Efek Samping Operasi Amandel

Jika memang penyakit amandel tidak dapat di cegah dan di hindari lagi sehingga harus melakukan operasi, maka operasi itu pun dapat dilakukan. Dengan beberapa efek samping yang akan di terima pasca operasi. Meskipun efek samping yang diterima setiap individu ini akan berbeda-beda karena tergantung pada kondisi tubuh dan metabolisme tubuh masing-masing. Berikut efek samping dari operasi amandel.

1.Pedarahan setelah operasi

Tindakan pembedahan tentu akan menimbulkan pendarahan kecil pada bagian yang dibedah. Apalagi bagian amandel tergolong saluran yang basah dan dilewati oleh makanan dan minuman yang hendak masuk menuju lambung. Bahkan pendarahan ini, bisa jadi semakin parah dan menyebabkan penderita muntah darah. Walaupun jarang terjadi, namun pendarahan tersebut bisa jadi resiko yang terjadi setelah pengangkatan amandel.

2. Sakit di pangkal tenggorokan

Amandel merupakan salah satu bagian dari tenggorokan yang tentu berhubungan langsung dengan tenggorokan, oleh sebab itu ketika pasca operasi amandel di lakukan, maka akan menyebabkan sedikit gangguan pada tenggorokan, tentu gangguan ini bisa dikatakan sangat mengaggu bisa pula dikatakan biasa saja, tergantung seberapa besar operasi amandel yang dilakukan. Ketika seseorang setelah melakukan operasi amandel di anjurkan untuk menjaga pola makan agar cepat sembuh.

3. Terjadi Infeksi

Operasi yang dilakukan akan meninggalkan luka sayatan pada lokasi amandel. Sayatan tersebut sangat rentan menyentuh kelenjar yang terbuka apalagi saluran tenggorokan. Masuknya makanan dan udara ke dalam tenggorokan dan faring, akan melalui luka sayatan tersebut. Kemungkinan akan menempel pada luka sayatan dan menyebabkan infeksi. Dampaknya, seluruh badan akan terasa nyeri diiringi sakit kepala dan demam yang tinggi.

4. Mengurangi rasa nyaman di mulut

5. Menyebabkan telingga sakit

6. Belakang mulut terasa sakit

Itulah beberapa penjelasan mengenai Efek samping operasi amandel yang perlu Anda ketahui. Sekilan pembahasa kami kali ini, semoga bermanfaat khususnya bagi yang sedang menderita amandel umumnya bagi kita semua. Terimakasih 🙂

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Salam Sehat !!

Baca Juga : 

Inilah Tanda Dan Ciri-Ciri Amandel Kronis

Cara Menyembuhkan Radang Amandel Dengan Buah Nanas

7 Tanaman Obat Herbal Untuk Radang Amandel

Posted by : Obat Amandel

Efek Samping Operasi Amandel Yang Perlu Anda Ketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*